Monday, June 13, 2011

Saya Bertanya Kepada Seorang Teman, Bagaimana Cara Menulis?

Ya, saya langsung menelpon dia. Dia tinggal di Jakarta, saya di Bintan, meski dulu satu kampus di Bandung. Dia seorang teman lama. Saya menemukan nomor teleponnya di akun Facebooknya. Lengkapnya, inilah percakapan saya dengannya di telepon :
Saya : Bro, aku melihat banyak tulisanmu di Kompasiana. Setahuku, kamu dulu kan pendiam, bahkan mungkin sampai sekarang. Dan dulu kan kamu yang sering bangun subuh, trus baca-baca buku sambil dengerin musik jazz dari KLCBS ? ( sebuah radio jazz di Bandung ). Eh, pengen juga euy nulis. Tapi untuk apa sih nulis ? O ya bro, mengapa kamu rajin menulis, ya untuk apa ? Kan sudah punya pekerjaan tetap ?
Teman Saya : He he he, ya gak ada hubungannya lah bro dengan pekerjaan tetap. Menulis bagi gue sekedar melepaskan beban pikiran saja, biar enjoy. Untuk membunuh kebosanan dari rutinitas kerja. Tau sendiri kan ? Gue tidak suka main domino, kalah melulu. Gaple, bikin frustasi. Maen bola juga gak kuat, bengek gue. Mancing apalagi, kan bosan. Ya sudah, gue kan sering kasih komen di akun lo. Tegur sapa. Tapi itu gak puas. Jadi gue ngblog lah. Kapan lagi bisa mempengaruhi orang lebih banyak lagi.
Saya : Maksudnya ? Apaan tuh mempengaruhi orang ??
Teman Saya : Yah, biasa atuh. Sama kaya gue dulu jingkrak-jingkrak jika dengerin musik jazz. Apalagi yang funky. Itu waktu gue dipengaruhin oleh musik jazz. Skarang gue cuma pengen nularin perasaan gue ke orang-orang melalui tulisan. Memastikan apa mereka juga ikut apa yang gue rasain. Macem-macem la perasaan itu. Ya senang, sedih, geli, lucu, haru, marah, kecewa, semangat, rasa ingin tau, ya minimal gue udah berbagi lah. Dengan mengungkapkan perasaan, gue jadi banyak menulis, menulis perasaan gue tentang sesuatu peristiwa. Apa aja, suka-suka. Biasa abis nonton Messi atau tinju, atau film di Star Movie, gue usahakan critain lagi, trus ya, ditulis lah, biar ingat. Gue gak mau kehilangan kesan yang gue kagumi atas apa yang gue liat, baca, dengar, apa yang gue pikirkan, apa pun itu. Gue berharap ada pengaruhnya buat pembaca, pastinya yang positif.
Saya : Oh begitu. Trus, nulisnya di mana. Kan sebagian besar waktu untuk kerja. Pulang-pulang anak-anak pasti ngajak main. Kapan sih waktunya yang pas ?
Teman Saya : Yah, kita kan punya hape bro. Biasanya, gue gak langsung nulis ketika kerja. Ketika ada ide melintas, gue tulis aja di di hape, nulis berupa sms, jangan dikirim dan simpen aja di Outbox. Atau ide itu gue ucapkan dan direkam pake hape, mudah kok. Masalah pengembangan ide, yang biasanya berkembang sendiri di pikiran. Mudahnya, tulis saja ide itu di laptop jika sudah sampai di rumah. Begitu ditulis, biasanya dengan sendirinya ide itu mekar dan berkembang. Biasanya gue nulis ketika anak-anak sudah tidur. Masih ada 1 – 2 jam lah waktu sebelum tidur, namanya juga hobi bro, gue suka, jadi gak masalah tidur telat dikit.
Saya : Oh gitu, nah, caranya gimana, maksudnya, bagaimana caranya menulis, ajarin dong ?
Teman Saya : Yahhhh, kok nanya. Ya, tulis saja bro. Yang penting mulai lah menulis. Tulislah satu kata yang pertama. Apa yang ditunggu ? Yang paling mudah bro , tulis saja percakapan kita ini. Gampang toh ?

No comments:

Post a Comment