Sunday, June 17, 2012

Menjadi PNS Kreatif

Banyak yang merisaukan kualitas Pengawai Negeri Sipil (PNS) karena ada anggapan bahwa abdi negara dan abdi masyarakat itu kurang disiplin, tidak produktif dan rendah kreatifitasnya. Maka anekdot muncul yang mengatakan bahwa pintar atau bodoh, rajin atau malas, tetap terima gaji. Hidup sudah terjamin dari bulan ke bulan meskipun tidak berprestasi dan hasil kerja rendah.


Namun saat ini paradigma itu hampir tidak berlaku, karena pembinaan PNS dinilai berdasarkan kinerjanya dan ke depan penggajiannyapun akan berpedoman kepada produktifitasnya. Oleh sebab itu PNS harus mempersiapkan diri menjadi aparatur yang berdisiplin, berkualitas dan berkinerja tinggi agar tidak tersisih dalam bertugas.

Adrinal Tanjung, seorang pejabat eselon III pada Kementrian Negara Pemberdayaan Aparatur Negara (PAN) dab Reformasai Birokrasi RI ternyata mencermati fenomena itu.Penulis melihat bahwa PNS harus produktif dan kreatif agar dapat melaksanakan tugas dengan baik serta pengembangan pribadinya. Judul buku ini memang dibuat penulis dalam bahasa Inggris, yaitu Anything is Possible yang maksudnya adalah segala sesuatunya mungkin terjadi, agar buku ini lebih menarik. Setelah tertarik akan diambil, dibaca dan dipahami isinya.

Buku ini termasuk kelompok buku motivasi yang membukakan mata, mendorong serta memberi semangat untuk meningkatkan kualitas hidup. Dimulai dengan mengenal potensi diri, menegakkan disiplin, memanfaatkan waktu serta membiasakan berpikir positif. Karena buku ini lebih difokuskan dibaca oleh PNS, maka penulis juga menggiring agar PNS mencintai pekerjaannya, menjadikan kerja sebagai hobi, suka bekerja keras serta mempunyai visi jauh ke depan dengan menyusun sebuah impian.

Tidak banyak buku yang mengulas tentang kiprah PNS, karena itu buku ini sangat baik dibaca oleh aparatur pemerintah. Tetapi berbagai suguhan motivasi yang ada di dalamnya juga bisa dipedomani oleh non- PNS. Misalnya bagaimana bisa menemukan inspirasi, kunci-kunci sukses, terus mengasah otak dengan belajar serta kuat dalam beribadah.

Yang penting adalah mau bekerja keras melalui proses yang panjang, jangan menjadi PNS yang instan. Perlu pula menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk mengembangkan pekerjaan, bisa menerima perubahan serta harus percaya diri dan berani.

Buku ini menarik dan enak dibaca karena disuguhkan secara runut dengan bahasa sederhana yang mengalir deras. Pada hampir setiap halaman disuguhkan kata-kata motivasi dari tokoh-tokoh yang telah sukses agar bisa menjadi inspirasi pembaca.

Contoh-contoh sukses yang ditampilkan pun sangat mengena sehingga membuat pembaca ketagihan memegang buku ini dan sayang untuk dilewatkan.

Ada beberapa testimoni dari beberapa tokoh yang telah menelaah buku ini berdasarkan kiprahnya.

Penulis juga menjabarkan pengalamannya sebagai PNS dengan kreatifitas yang tinggi telah menerbitkan dua puluh judul buku tanpa mengabaikan tugas-tugas pokoknya. Hal itu tentu akan menambah bobot tugasnya serta berdampak positif terhadap kehidupan ekonomi penulisnya. 

Pada prinsipnya jadilah PNS yang luar biasa, berdisiplin, bersemangat, bekerja keras, produktif serta kreatif. Jangan mau ditelan oleh rutinitas yang monoton. Mungkin buku ini juga bisa menjadi solusi bagi masalah PNS di salah satu daerah yang dikatakan oleh gubernurnya bahwa hanya 30% saja di antara mereka yang profesional.

Judul buku          : Anything is Possible
Penulis                : Adrinal Tanjung
Penerbit              : Mailfa Media Publishing
Cetakan pertama: M e i 2012
Tebal                  : 270 halaman

No comments:

Post a Comment