Tuesday, June 26, 2012

Manfaat Madu Dalam Kehidupan

Madu adalah cairan yang lengket dan manis yang dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga. Madu lebih manis daripada gula meja, dan memiliki ciri-ciri kimia yang menarik untuk pemanggangannya. Madu memiliki rasa yang berbeda sehingga membuat orang lebih menyukainya daripada gula dan pemanis lainnya.

Madu memiliki banyak kandungan , yaitu : Asam organik merupakan suatu bukti tentang ketahanan madu terhadap ada atau tidaknya perumbuhan mikroba, khususnya bakteri penyebab penyakit (patogen) dan bakteri yang menghasilkan racun. Kandungan organik tersebut adalah asam asetat, asam format, asam glukonat, asam oksalat, asam piroglutamat, asam suknitat, asam laktat, asam malat, asam gikolat, asam butirat, asam sitrat, asam piruvat, dan asar tratat.

Madu dihasilkan pleh lebah secara spesifik berdasarkan sumber nektar, yaitu : madu akasia, madu apel, madu belimbing, madu durian, madu damar, madu hutan (multifora), madu jambu air, madu jambu mente, madu kaliandra, madu kelengkeng, madu kopi, madu karet, madu kapuk, madu lancing, madu mahoni, madu mentimun, madu mangga, madu manuka, madu rambutan, madu nanas, madu super (madu+tepuing sari bunga+royal jelly), dan madu pollen (madu + tepung sari bunga).

Manfaat madu bagi kecerdasan otak pada anak akan terus mengalami perkembangan seiring dengan bertambahnya usia sampai dengan usia lima tahun. Untuk itu membutuhkan gizi yang tinggi. Pertumbuhan dan perkembangan oraknya pun sangat terkait dengan kecerdasan pikiran dan kecerdasan mental. Maka dari itu untuk kebaikan bayi dalam perkembangan otaknya, berilah bayi yang terbaik, yaitu madu. Berikan madu secara teratur dalam ukuran normal. Adapun pemberian madu pada anak yaitu ukuran 1 sendok makan atau setara dengan 20 gram.

Buku ini membahas informasi tentang madu, apa yang dikandung madu, macam-macam madu, manfaat madu bagi kesehatan, macam-macam penyakit yang bisa diobati dengan madu, manfaat madu bagi kecantikan, dan manfaat madu bagi kecerdasan. Secara keseluruhan dalam membaca buku ini didapatkan hal yang wajib diketahui, karena buku ini banyak membahas tentang penyakit yang saat ini sering dialami masyarakat. Buku ini layak untuk dibaca, karena banyak sekali informasi yang sangat penting dan harus kita ketahui.

Judul buku : Dahsyatnya Mukjizat Madu uintu Kesehatan, Kecantikan, dan Kecerdasan
Penulis : Haviva AB
Cetakan : Pertama, Juni 2012
Penerbit : DIVA Press (Anggota IKAPI)
Tebal buku : 110 halaman

Gambar buku klik di sini!

No comments:

Post a Comment