Sunday, July 29, 2012

Media Dakwah Dalam Bentuk Komik

Komik tidak sekedar berisi ceritak fiksi atau humor. Saat ini komik juga tampil sebagai media dakwah. Hal ini membawa terobosan besar untuk membumikan atau mempublikasikan hadist Nabi, sekaligus memperlihatkan makna jihad dari sudut pandang berbeda. Di zaman sekarang, Islam memang harus diajarkan cara-cara yang baru agar sesuai dengan jiwa generasi masa kini. Salah satunya melalui komik.


Komik berjudul 33 Pesan Nabi Jaga Hati, Buka Pikiran (Vol 2) ini berhasil memunculkan wajah agama yang damai dan mampu membuat pembacanya tersenyum. Meski berisi hadist-hadist riwayat Bukhari dan Muslim yang sering berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.

Melanjutkan sukses buku sebelumnya Vol 1 (33 Pesan Nabi Jaga Mata, Jaga Telinga, Jaga Mulut) yang laris manis dan meraih nominasi komik terbaik Anugerah Pembaca Indonesia, buku ini hadir dengan isi yang lebih bermakna, lebih seru dan lebih menghibur.

Mungkin ada yang bertanya, komik ini kan lebih pantasi untuk anak kecil? Jawabannya : tidak. Nilai yang terkandung dalam komik ini tidak semata-mata sebagai hiburan, melainkan penyampaian pesan universal dari nabi melalui sabda beliau. Semua kalangan cocok mengkonsumsi buku ini, baik itu anak-anak, remaja, mahasiswa, dosen, orang tua ataupun pejabat publik negeri ini. Mengapa? Tentu saja supaya sadar, sadar mengutamakan kepentingan rakyat, sadar untuk membangun negeri ini, sadar untuk memperbaiki diri dan sadar-sadar lainnya.

Buku dapat diberikan sebagai hadiah kepada anak, apalagi dalam bulan Ramadhan ini. Selain bermanfaat sebagai proses penanaman nilai moral kepada anak, juga membuat anak terhibur bahkan keranjingan membacanya.

Sebagai info, anak-anak di Jepang belajar sejarah kerajaan negrinya melalui komik, selain mendidik juga tidak membosankan. Komik 33 Pesan Nabi mungkin saja dapat membuat komik Dora Emon, Sinchan, Naruto dkk memiliki pesaing, begitulah salah satu bunyi testimoni dalam vol 1 buku ini.

Judul buku          : 33 Pesan Nabi (Jaga Hati, Buka Pikiran)
Penulis                : vbi_djenggotten
Edisi                   : Ketiga, April 2012
Penerbit              : Zaytuna
Ukuran               : 15 x 23 cm
Tebal                  : 162 Halaman
ISBN                 : 978-602-9346-36-7



No comments:

Post a Comment