Monday, July 11, 2011

Resensi Buku : Image Jepang : Jepang di Mata Orang Indonesia

Sudah banyak buku tentang Jepang, orang Jepang dan kultur Jepang terbit dalam bahasa Indonesia. Dari yang bersifat populer hingga yang berupa kajian ilmiah, semua mengupas semua mengupas keunikan-keunikan ras bermata sipit ini. Terutama karena fakta bahwa bangsa ini mampu bangkit dalam waktu singkat setelah sama sekali terpuruk usai Perang Dunia II.

Buku ini bukan semacam bedah ilmiah tentang Jepang. Isinya sekitar pandangan serta kesan tujuh pengarang, budayawan, dan seniman Indonesia tentang "negeri matahari terbit" itu berikut manusia-manusianya. Menarik, karena di antara sisi-sisi pendapat pribadi ini masih ada benang merah yang dapat memberi pemahaman umum pada kita tentang apa siapa orang Jepang sesungguhnya.

Lihat saja pandangan dan kesan Didik Nini Thowok. Banyak sekali hal yang diungkap seniman tari dan koreografer ini tak bisa menyembunyikan kekagumannya pada manusia Jepang yang penuh resepek pada orang lain, sangat disiplin, serius, dan pekerja keras. Hal serupa jadi kesan sutradara dan Direktur Artistik Teater Garasi, Yudi Ahmad Tajudin.

Rata-rata penulis yang menyumbangkan pendapatnya di buku ini pernah bertandang ke Jepang. Yang unik, Nirwan Ahmad Arsuka melontarkan pandangannya sebagai "orang luar' yang belum pernah menjejakkan kaki di negeri itu. Ia menilai Jepang merupakan satu dari sejumlah negeri yang kita seperti sudah ada di sana meski belum pernah ke sana. Ia memulai kesan itu dari pengalamannya dengan motor Honda - satu simbol kemampuan Jepang merajai bidang otomotif.

Agaknya semua sepakat bahwa orang Jepang memang manusia-manusia serius, berdisplin tinggi , dan gila kerja. Saking gilanya, mereka sanggup menekuni pekerjaan sampai 18 jam sehari. Mereka juga orang-orang sopan yang punya tata krama dalam berhubungan dengan orang lain. Malah Jepang disebut-sebut sebagai bangsa yang tidak menyelaraskan tradisi dan modernisasi.

Namun yang lebih penting lagi, tujuan penerbitan ini agaknya tercapai. Seperti dinyatakan Kazuo Ando, pemimpin The Japan Foundation, dalam pengantarnya, buku ini cukup memberi pemahaman yang lebih dinamis tentang Jepang.

Judul Buku : Image Jepang, Jepang di Mata Orang Indonesia
Penulis : Yudi Ahmad Tajudin dkk
Penerbit : The Japan Foundation,
Jakarta, vi + 126 halaman

No comments:

Post a Comment