Sunday, September 11, 2011

Untuk Apa Anda Menulis?

Itulah yang sering ditanyakan teman-teman kepada saya. Apakah saya ingin kaya dan terkenal? Pertanyaan ini berujung kepada : Apa motivasi saya dalam menulis? Jujur saja, awal ketertarikan saya menulis (kembali) adalah karena hampir tujuh belas tahun yang lalu, saya pernah mengirim sebuah cerita yang akhirnya dimuat di salah satu majalah nasional di Jakarta.

Waktu itu belum terpikir oleh saya tulisan itu dimuat atau tidak. Ditulis tanpa beban. Karena saya memang suka dan berlangganan majalah itu. Tidak ada pikiran untuk mendapatkan uang banyak. Hanya ingin ikut saja bercerita di sana. Jika diingat kembali, ingin sekali rasanya memiliki motivasi seperti itu. Menulis dengan santai.

Namun, menulis seperti itu kayaknya mudah jenuh. Bisa-bisa tidak menulis atau libur menulis dalam waktu lama. Saya berharap memiliki 'peta' motivasi agar tidak mudah jenuh atau patah semangat. Akhirnya, saya menemukan beberapa motivasi dalam menulis dalam sebuah koran usang. Setidaknya, dengan beberapa alasan atau motivasi menulis di bawah ini, semangat saya untuk menulis di blog tetap menyala :
  1. Ekonomi Seseorang menulis supaya memperoleh sumber penghasilan. Bukan suatu hal yang mustahil ia dapat memperoleh penghasilan besar dari menulis dengan catatan ia bisa produktif dan terus menjaga mutu tulisan.
  2. Idealisme Seseorang menulis agar tulisannya dibaca banyak orang.Lewat tulisan ia memperjuangkan sesuatu yang ia yakini. Ia tidak terlalu memikirkan aspek ekonomi. Ia cukup puas bila idenya dibaca dan diterima banyak orang.
  3. Ingin terlibat dalam proses perubahan sosial Melalui tulisa seseorang ingin berperan dalam memecahkan masalah-masalah sosial yang sedang berkembang di masyarakat lewat opini, kritik dan masukan.
  4. Ingin berdakwah Motivasi ini biasanya dimiliki kalangan rohaniwan. Tulisan-tulisannya khusus dan ditulis dalam media khusus.
  5. Media eskpresi Seseorang ingin menuangkan ide-idenya secara bebas ke dalam tulisan.Ia tidak peduli apa kata orang terhadap tulisannya. Menulis sebagai media ekspresi dan aktualisasi diri merupakan kenikmatan tersendiri yang tidak bisa ditukar dengan uang.
  6. Terkenal dan mengejar popularitas Anda mungkin salah satu dari sekian banyak orang yang bermimpi menjadi penulis besar yang terkenal ke seluruh dunia, yang karya-karyanya dirindukan banyak orang. Tidak mustahil mimpi Anda akan menjadi kenyataan bila Anda memiliki optimisme dan semangat juang yang tinggi. Dengan menulis di media nama Anda dikenal masyarakat. Orang bisa menjadi terkenal dari menulis.
Seorang penulis bisa mempunya satu, dua atau lebih motivasi sekaligus. Apapun alasan seseorang dalam menulis sah-sah saja. Nah, sekarang saya ingin tau : Apa motivasi Anda dalam menulis? Moga tercapai ya...


No comments:

Post a Comment