Saturday, September 17, 2011

Bagaimana Memelihara Minat Baca

Saya pernah bertanya kepada teman-teman yang berusia 40 lebih. Mengapa mereka jarang membaca? Sebagian besar menyatakan cepat mengantuk atau kelelahan jika membaca buku atau tulisan yang sedikit berat seperti opini di media massa. Sebagian yang lain bilang tidak punya waktu. Ada juga yang balik bertanya kepada saya untuk apalagi membaca ?

Sementara itu sebagian kecil menyatakan mereka tetap merasa harus membaca. Bagi mereka membaca merupakan suatu keharusan. Tidak lengkap rasanya jika tidak membaca beberapa halaman buku atau laman berita seperti Vivanews misalnya. Siapa mereka itu?

Sebagian kecil dari mereka itu adalah blogger atau mereka yang rajin menulis di media. Mengapa mereka bisa memelihara minat baca sepanjang hayatnya? Karena membaca merupakan sebuah kebutuhan. Bagaimana bisa menghasilkan suatu tulisan yang berbobot jika ogah membaca. Apapun kendalanya, bagi mereka yang rajin menulis mesti mau dan meningkatkan pengetahuannya dengan membaca. Memperdalam ilmu dan memperluas cakrawala berpikir. Bukankah dengan membaca kita dapat memperoleh pengetahuan yang sebelumnya belum pernah didapatkan?

Kesimpulannya, jika ingin lancar Ngeblog maka sediakanlah waktu beberapa menit sehari untuk membaca buku atau postingan para blogger lainnya. Dan jangan lupa kasih komentar sebagai bukti bahwa kita sudah paham apa yang sudah kita baca. Sekaligus wujud terimakasih kepada penulisnya. maka

No comments:

Post a Comment