Tuesday, April 24, 2012

Pola Makan Salah Merusak Kesehatan


Orang tua zaman dulu lumayan ketat dalam hal adat makan. Banyak sekali pantangan yang tidak boleh dilanggar anak-anaknya, agar apa yang mereka makan menjadi berkah. Walau mereka tidak bisa memberi  alasan logis, dari dulu mereka telah mematuhi beberapa larangan dalam hal makan dan ditransfer ke generasi berikutnya secara turun temurun. Hasilnya, anak-anak yang lahir di zaman modern menjadikannya lelucon dan tak lagi mematuhi karena menurut mereka bertentangan dengan logika.

Contohnya, mandi setelah makan berakibat tidak baik bagi kesehatan. Hal ini dapat menyebabkan volume darah pada permukaan tubuh meningkat dan volume aliran darah pada saluran usus dan lambung pun berkurang. Ini akan menyebabkan fungsi pencernaan memburuk.

Mandi setelah makan akan mengakibatkan peningkatan aliran darah ke tangan, kaki, dan tubuh. Akibatnya jumlah aliran darah ke sekitar perut akan berkurang yang berakibat melemahnya system pencernaa dalam perut. Secara alami kebenaran hal ini dapat dibuktikan. Sehabis makan bagian perut akan terasa hangat. Jika langsung mandi apalagi dengan air dingin akan berakibat pendinginan mendadak. Pemaksaan seperti itu mengakibatkan kekejangan/ kram pada perut.

Kebiasaan mengendurkan ikat pinggang setelah makan juga bisa mengakibatkan usus turun, meski hal itu terasa melegakan. Juga mengakibatkan cara kerja usus dan saluran pencernaan menjadi tak teratur. Mulai saat ini kebiasaan itu dihentikan saja.

Kalau sudah terbiasa melakukan kesalahan dalam pola makan, maka akibatnya harus ditanggung sendiri. Beberapa penyakit ganas akan menimpa dan tentunya akan menuntut pengobatan dengan biaya besar. Penyakit itu antara lain stroke, kolesterol, asam urat, darah tinggi, obesitas, maag, kanker, jantung dan batu ginjal.

Buku berjudul “Kesalahan Pola Makan Pemicu Seabrek Penyakit Mematikan” ini bisa dijadikan pedoman dalam melakukan pola makan yang sehat. Apalagi perut merupakan gudang penyakit. Salah dalam memilih makanan dan minuman berakibat fatal bagi tubuh.

Sering makan dan minum cepat saji akan berakibat buruk bagi tubuh. Bagaimanapun makanan dan minuman cepat saji menggunakan bumbu-bumbu atau zat tambahan yang kurang sehat. Maka dari itu hindarilah selagi bisa dan kalaupun mau makan juga cukuplah sekali-sekali saja.

Buku ini layak dijadikan prioritas utama dan diletakkan dalam perpustakaan keluarga. Keluarga pasti mendapatkan manfaat darinya. Buku ini bak pengawal yang menjaga kita dari akibat buruk karena pola makan yang salah.

Judul   : Kesalahan Kesalahan Pola Makan Pemicu Seabrek Penyakit Mematikan
Penulis : Ainun Hidayah
Penerbit : Buku Biru
Cetakan : Pertama, Desember 2011

No comments:

Post a Comment