Thursday, October 6, 2011

Patriot PSSI, Masih Ada?

Sepakbola memang olahraga yang memiliki daya tarik besar tidak hanya bagi masyarakat Indonesia, tetapi manusia dari berbagai penjuru dunia. Tidak hanya itu, para penggila sepakbola juga memiliki tim kesayangannya yang selalu didukung dan dibela terutama ketika pertandingan berlangsung.

Indonesia juga memiliki tim sepakbola yang dicintai masyarakat, tim mana lagi kalau buka PSSI. Andrea Hirata kali ini membakar rasa patriotisme Indonesia sambil bercerita dalam bentuk novel. Ia menghadirkan Sebelas Patriot sebagai novel ketujuh dalam bahasa Indonesia.

Novel ini membawa kisah yang menggetarkan dan sangat inspiratif. Berkisah tentang seorang anak yang sangat menyayangi ayahnya. Ia berlatih kuat dengan harapan bisa bergabung dengan PSSI. Sebagai wujud cinta sang anak kepada ayahnya, sekaligus meneruskan cita-cita sang ayah yang kandas sebagai pemain terbaik Indonesia di usia muda.

Pada masa penjajahan Belanda, Van Holden memerintahkan agar hari kelahiran Ratu Belanda diperingati di tanah jajahan. Orang-orang Melayu dipaksa memeriahkan hari kelahiran Ratu dari bangsa yang terang-terangan menindas mereka.

Perayaan ditandai dengan pertandingan olahraga dalam kompetisi piala Distric be heerder. Orang Belanda bertanding dengan orang jajahan. Sehebat apapun, orang jajahan tidak boleh menang melawan penjajah.

Dan ayah dari tokoh utama dalam novel ini, Ikal, berperan sebagai penyerang sayap kiri yang hebat. Sayang sang ayah dibungkam dan tempurung lututnya dihancurkan oleh Belanda sehingga cita-citanya menjadi pemain sepakbola pun kandas.

Ikal pun bertekad meneruskan cita-cita sang ayah agar terpilih menjadi pemain PSSI. Banyak sukaduka yang dialaminya. Sayang Ikal gagal menjadi pemain PSSI hanya karena hal sepele.

Novel ini cukup unik karena dijual bersama dengan sekeping CD yang berisi tiga buah lagu yang lirik dan aransemen musiknya diciptakan oleh Andrea Hirata. Lagu-lagu tersebut berjudul PSSI,Aku Datang-Sebelas Patriot-dan Sorak Indonesia. Novel dan lagu adalah kesatuan karya.

Andrea Hirata sendiri menyebut lagu-lagu itu sebagai puisi yang dinyanyikan yang sarat dengan semangat bergelora. Lagu yang cocok dinyanyikan oleh para suporter timnas PSSI.

Dalam novel ini Andrea Hirata juga mengajak seluruh rakyat Indonesia pecinta PSSI untuk menyebut diri mereka sebagai 'patriot PSSI'.



Judul Buku : Sebelas Patriot
Penulis : Andrea Hirata
Tebal : 180 halaman
Penerbit : PT Bentang Pustaka
Cetakan : Pertama, Juni 2011

No comments:

Post a Comment